KABARKIBAR.ID – Pemerintah sedang merencanakan renovasi besar-besaran Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, tempat tragedi sepak bola Indonesia terjadi.

Renovasi stadion ini akan dimulai pada Agustus 2023 mendatang.

“Kanjuruhan sudah lelang, jadi saya harap Agustus sudah bisa diumumkan kepada masyarakat sehingga bisa dilakukan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada wartawan di Grand Hotel Sheraton, Jakarta Selatan, Rabu, 26 Juli 2023.

Basuki mengatakan anggaran renovasi Stadion Kanjuruhan sebesar Rp 390 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hingga saat ini, pemenang lelang belum ditentukan.

Menurut situs resmi Layanan Pengadaan Elektronik (LPSE) PUPR, pelelangan renovasi Stadion Kanjuruhan diikuti 118 peserta.

Lelang diharapkan paling lambat 2 Agustus 2023, setelah itu penandatanganan kontrak akan dilakukan pada 10-11 Agustus 2023.

Renovasi besar-besaran Stadion Kanjuruhan merupakan langkah pemerintah selanjutnya dalam mencegah dan menanggulangi kerusuhan yang menewaskan ratusan orang itu.

Sebelumnya, ada tujuh rekomendasi dari hasil audit Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan, dimana tiga rekomendasi di antaranya terkait dengan terjadinya insiden fatal di lokasi.

Oleh karena itu, kementerian PUPR mendesain ulang stadion untuk menghindari masalah serupa.

‚ÄúPertama soal tangga menuju tribun, apalagi tribun kelas ekonomi biasanya tidak memiliki tangga yang langsung menuju ke tempat duduk penonton.”