Sedangkan untuk sepeda motor 2 tak baru diperkenalkan di bawah tahun 2010, regulasi lama menetapkan HC maksimal 12.000 ppm, sedangkan regulasi terbaru diturunkan lagi menjadi 6.000 ppm.
Untuk mesin 4 tak pada tahun pembuatan yang sama, standar hidrokarbon 2.200 ppm harus dipenuhi.
Mesin pada motor di atas tahun 2016 memiliki standar emisi yang lebih rendah lagi yaitu 1.000 ppm.
Luckmi mengemukakan, emisi berdampak besar terhadap perawatan dan jenis bahan bakar yang digunakan bagi pengguna kendaraan bermotor.
Ia mengatakan, kualitas emisi kendaraan sangat dipengaruhi oleh perawatan dan penggunaan bahan bakar.
“Harus menggunakan bahan bakar sesuai teknologi kendaraan,” ujarnya.
Standar Emisi Gas Buang Kendaraan untuk Lolos Uji Emisi
Berikut adalah tabel standar emisi gas buang terbaru berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor 8 Tahun 2023 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor Kategori M, Kategori N, Kategori O, dan Kategori L;
Kategori M untuk bensin; Kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk mengangkut orang:
Kategori | Tahun Pembuatan | Karbon Monoksida (CO) | Hidrokarbon (HC) | Metode Pengujian |
M | <2007 | 4 Persen | 1.000 ppm | Idle |
M | 2007 – 2018 | 1 Persen | 150 ppm | Idle |
M | >2018 | 0,5 Persen | 100 ppm | Idle |
Kategori N; Kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan barang.
Kategori O; Kendaraan bermotor penarik untuk gandengan atau tempel
Tabel mesin bensin
Kategori | Tahun pembuatan | Karbon Monoksida (CO) | Hidrokarbon (HC) | Metode Pengujian |
N dan O | <2007 | 4 persen | 1.100 ppm | idle |
N dan O | 2007 – 2018 | 1 persen | 200 ppm | idle |
N dan O | >2018 | 0,5 persen | 100 ppm | idle |
Kategori M, N, O untuk diesel:
Kategori | Tahun | Opasitas | Metode Pengujian |
JBB < 3,5 ton |
<2010 | 65% HSU | Percepatan Bebas |
JBB < 3,5 ton |
2010-2021 | 40% HSU | Percepatan Bebas |
JBB < 3,5 ton |
>2021 | 30% HSU | Percepatan Bebas |
GVW > 3,5 ton |
<2010 | 65% HSU | Percepatan Bebas |
GVW > 3,5 ton |
2020-2021 | 40% HSU | Percepatan Bebas |
GVW > 3,5 ton |
>2021 | 35% HSU | Percepatan Bebas |
Kategori L; sepeda motor
Kategori | Tahun Pembuatan | Karbon Monoksida (CO) | Hidrokarbon (HC) | Metode Pengujian |
Sepeda Motor 2 langkah | <2010 | 4,5 persen | 6.000 ppm | Idle |
Sepeda motor 4 langkah | <2010 | 5,5 persen | 2.200 ppm | Idle |
Sepeda motor | 2010-2018 | 4 persen | 1.200 ppm | Idle |
Sepeda Motor | >2018 | 3 persen | 1.000 ppm | Idle |
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan