KABARKIBAR.ID- Spesifikasi pesawat Cessna Grand Caravan C208B milik PT. Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) hilang kontak di pegunungan Papua pada Jumat, 23 Juni 2023.

Pesawat Cessna yang memiliki registrasi PK-SMW hilang kontak etelah lepas landas dari Bandara Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua menuju Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Menurut sekretaris perusahaan AirNav Indonesia Rosedi mengatakan, pesawat Cessna tipe Grand Caravan C208B dengan nomor regestrasi PK-SMW.

Pesawat Cessna Grand Caravan 208B Caravan adalah pesawat turboprop bermesin tunggal dengan roda pendaratan roda tiga tetap.

Pesawat regional untuk penerbangan jarak pendek ini dibangun di Amerika Serikat oleh Cessna Aircraft Company sekarang menjadi merek Textron Aviation.

Sejarah Pesawat Cessna

Cessna 208 Caravan adalah pesawat utilitas turboprop ringan bermesin tunggal sepuluh dengan empat belas kursi.

Pesawat Cessna  diproduksi oleh pabrikan AS, Amerika Cessna Aircraft Company, yang sekarang menjadi merek Textron Aviation.

Dengan penjualan melebihi angka 1000, Caravan adalah tipe yang sangat populer di seluruh dunia.

Pekerjaan desain untuk Caravan sudah ada sejak awal tahun delapan puluhan.

Penerbangan pertama prototipe terjadi pada 9 Desember 1982 dan sertifikasi diberikan pada Oktober 1984.

Ketika produksi dimulai pada tahun berikutnya, pesawat ini menjadi pesawat bertenaga turboprop bermesin tunggal pertama yang mencapai status produksi.

Caravan I memiliki hubungan dekat dengan spesialis pengiriman paket AS Federal Express (FedEx), yang atas permintaannya Cessna secara khusus mengembangkan dua versi pengiriman murni.

Yang pertama adalah 208A Cargomaster (40 terkirim), yang kedua adalah 208B Super Cargomaster (260 terkirim).

Super Cargomaster pertama terbang pada tahun 1986 dan memiliki bentangan 1,22 m (4 kaki) dan kapasitas muatan yang lebih besar, termasuk keranjang beban di bawah badan pesawat.

Namun The 208B Grand Caravan pertama kali terbang pada tahun 1990 dan seperti Super Cargomaster adalah versi diperpanjang dari Caravan dasar didukung oleh 505kW (675shp) PT6A-114.

Dapat menampung hingga 14 penumpang, serta diumumkan pada konvensi NBAA 1997, 208-675 telah menggantikan tipe 208.

Ini menggabungkan panjang badan pesawat standar 208 dengan PT6A-114 yang lebih kuat dari 208B.

Pod kargo perut, pelampung, dan ski ditawarkan sebagai opsi pada keluarga Caravan I, dan jenisnya mudah diubah dari konfigurasi angkutan ke penumpang.

Versi misi khusus/militer 208A, dijuluki U-27A, juga ditawarkan dengan penunjukan Angkatan Udara Brasil adalah C-98.

Soloy menawarkan konversi mesin ganda dari 208B, bernama Pathfinder 21.

Versi ini ditenagai oleh pembangkit listrik Pratt & Whitney Canada/Soloy Dual Pac 991kW (1329shp), terdiri dari dua mesin PT6D-114A yang menggerakkan baling-baling tunggal.

Fitur pembeda lainnya dari Pathfinder 21 termasuk bentangan kabin 72 inci di belakang sayap dan pod kargo integral yang besar.