KABARKIBAR.ID — Pemerintah, PT Angkasa Pura II (Persero), dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus merancang rencana operasional layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta.
Dalam hal ini, Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, menyatakan bahwa layanan Transjakarta ini tidak hanya ditujukan untuk karyawan bandara, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum.
AP II dan Transjakarta telah berkoordinasi untuk tidak memberlakukan pembatasan tertentu bagi para penumpang yang ingin menggunakan layanan ini.
“Kami sudah berkomunikasi dengan Transjakarta bahwa tidak ada pembatasan. Jadi, apakah itu hanya untuk pemegang kartu karyawan bandara atau tidak, itu tidak. Masyarakat juga dapat memanfaatkannya,” ujar Muhammad Awaluddin saat ditemui di Menara Astra, Jakarta, pada Senin (12/6/2023).
“Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin menuju atau meninggalkan bandara,” tegasnya.
Meskipun demikian, Muhammad Awaluddin mengakui bahwa target utama layanan Transjakarta di bandara ini memang untuk memberikan alternatif moda transportasi yang terjangkau bagi karyawan bandara.
Namun, hal tersebut tidak dilakukan dengan membatasi penumpang, melainkan dengan menetapkan jam operasional Transjakarta di bandara, yaitu pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB, atau saat karyawan bandara berangkat dan pulang kerja.
“Yang kami lakukan sebenarnya adalah menyesuaikan jam operasional yang akan kami aktifkan. Pada jam-jam tersebut, terjadi pergantian shift pekerja bandara, sehingga layanan ini sangat membantu bagi mereka,” jelasnya.
Dengan adanya layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta, diharapkan masyarakat dapat menikmati fasilitas transportasi yang lebih terjangkau dan nyaman dalam perjalanan mereka ke dan dari bandara.
Selain itu, layanan ini juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan meningkatkan efisiensi transportasi di sekitar bandara.
Rencana operasional Transjakarta di bandara ini terus disempurnakan melalui kerja sama antara pemerintah, PT Angkasa Pura II, dan PT Transportasi Jakarta.
Upaya ini merupakan bagian dari komitmen mereka untuk terus meningkatkan pelayanan transportasi publik bagi masyarakat.
Dalam proses pengembangan layanan Transjakarta di bandara, akan dilakukan evaluasi dan pemantauan terhadap kinerja dan respons dari pengguna layanan.
Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan para penumpang, serta dapat terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan dan permintaan masyarakat.
Dengan adanya layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta yang tidak hanya ditujukan untuk karyawan bandara, tetapi juga terbuka bagi masyarakat umum, diharapkan akan memberikan manfaat yang luas dan mempermudah akses transportasi menuju dan dari bandara bagi semua pihak yang membutuhkannya.
Sebelumnya Akan Segera Lakukan Uji Coba
PT Angkasa Pura II (Persero) berencana untuk segera melakukan simulasi operasional layanan bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta.
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan