Inovasi teknologi juga dapat dijelaskan sebagai salah satu syarat penerapan layanan perbankan digital.

Dalam aturan OJK, dijelaskan bahwa bank digital memiliki model bisnis yang menggunakan teknologi canggih dan aman untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya.

Selain itu, bank digital harus mampu mengelola model bisnis perbankan digital yang rasional dan berkelanjutan yang merupakan prasyarat penerapan perbankan digital.

Manfaat Bank Digital

Berdasarkan hal di atas, dapat dipahami bahwa layanan bank digital tidak hanya memberikan kemudahan atau kenyamanan dalam pelayanannya, tetapi juga yang terpenting dapat memberikan rasa aman bagi nasabah.

Sebagai wujud inovasi teknologi, bank digital menawarkan berbagai keunggulan yang dapat dimanfaatkan nasabah.

Berikut ini adalah manfaat dari Bank Digital:

Pelayanan 24 Jam

Dengan beroperasi melalui metode online, layanan bank digital tentunya harus dapat digunakan oleh pengguna atau nasabah kapanpun, dimanapun, tergantung kebutuhannya.

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan nasabah, bank digital menyediakan layanan perbankan yang dapat diakses 24 jam.

Biaya Admin yang Tergolong Besahabat

Jika Anda melakukan aktivitas perbankan tersebut melalui bank digital, biasanya ada promosi atau layanan tanpa biaya administrasi.

Keuntungan ini tentunya  menjadi solusi yang sangat baik bagi Anda yang ingin menghemat biaya melalui sumber dana di rekening Anda.

Layanan Keuangan Inklusif

Menurut peraturan yang dikeluarkan dari OJK, bank digital wajib menyediakan layanan keuangan yang inklusif.

Inklusif keuangan berarti bank digital harus menawarkan layanan untuk  menjangkau masyarakat secara luas.

Dengan kata lain, bank digital dapat tetap memberikan layanan perbankan yang optimal meskipun sebagian nasabahnya berada di wilayah pemukiman pedesaan.