Tentang Google Doodle
Google Doodle adalah perubahan logo khusus dan sementara di beranda Google yang dimaksudkan untuk memperingati liburan, acara, prestasi, dan tokoh sejarah terkemuka.
Google Doodle pertama menghormati edisi tahun 1998 dari acara tahunan Burning Man yang telah berjalan lama di Black Rock City, Nevada.
Google Doodle dirancang oleh rekan pendiri Larry Page dan Sergey Brin untuk memberi tahu pengguna tentang ketidakhadiran mereka jika seandainya server mengalami crash.
Google Doodles berikutnya dirancang oleh kontraktor luar hingga tahun 2001, ketika Page dan Brin meminta petugas hubungan masyarakat Dennis Hwang untuk merancang logo untuk Hari Bastille.
Sejak itu, tim karyawan yang disebut “Doodlers” telah mengatur dan menerbitkan Doodle.
Awalnya, Doodles bukan animasi atau hyperlink , mereka hanya gambar dengan teks melayang menggambarkan subjek atau mengekspresikan ucapan selamat liburan.
Orat-oret meningkat dalam frekuensi dan kompleksitas pada awal 2010-an.
Pada Januari 2010, Doodle animasi pertama menghormati Sir Isaac Newton.
Doodle interaktif pertama muncul tak lama setelah merayakan Pac-Man, dan hyperlink juga mulai ditambahkan ke Doodles.
Biasanya menghubungkan ke halaman hasil pencarian untuk subjek Doodle. Pada 2014, Google telah menerbitkan lebih dari 2.000 Doodles regional dan internasional di seluruh halaman beranda-nya, sering menampilkan artis tamu, musisi, dan kepribadian.
Pada tahun 2019, tim “Doodlers” telah menciptakan lebih dari 4.000 doodle untuk beranda Google di seluruh dunia.
Doodle tersebut menarik perhatian sejumlah orang. Hingga akhirnya, kedua pendiri Google mempromosikan Hwang menjadi kepala Google Doodle.
Sejak saat itu, ilustrasi Google mulai dimunculkan secara teratur.
Mulai dari merayakan hari besar, tanggal khusus tentang berbagai penemuan, hingga tokoh-tokoh pelopor seni, sains, dan inovasi.
Begitulah asal usul tradisi Google Doodle. ilustrasi unik untuk merayakan hari spesial di laman utama Google hingga sekarang.
Jika penasaran apa saja Google Doodle yang sudah dibuat dan muncul di laman utama Google dari berbagai dunia, bisa melihatnya di arsip Google Doodles berikut.
Apabila Anda memiliki kreativitas dan ingin mengirimkan ilustrasi yang menarik, Anda dapat mengirimkan ide-ide kreatif tersebut secara langsung dan menjadi kontributor dari ilustrasi Google.
Menurut blog resmi Google, setiap orang berkesempatan untuk mengirimkan karya dan ide kreatifnya untuk pembuatan Google Doodle selanjutnya.
Caranya dengan mengirimkan ilustrasi tersebue ke email doodleproposals@google.com.
“Tim kami menerima ratusan permintaan (ilustrasi/ide kreatif) setiap harinya, jadi sepertinya kami tidak dapat (memberi) respons kepada semua orang. Akan tetapi, dapat dipastikan bahwa kami membaca semuanya,” tulis Google di blog resminya.
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan