KABARKIBAR.ID– Buah pepaya dikenal luas karena rasa, nutrisi dan manfaat kesehatannya, namun tidak banyak orang yang mengetahui manfaat luar biasa biji pepaya, yang biasanya dibuang begitu saja.

Biji bulat kecil ini sebenarnya bisa dimakan dan baik untuk kesehatan kita jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Biji pepaya membantu dalam manajemen berat badan, meredakan nyeri haid dan memiliki sifat anti-kanker.

Biji pepaya juga meningkatkan kesehatan jantung kita dan karenanya dianggap sebagai salah satu makanan kesehatan jantung terbaik.

Biji pepaya berwarna hitam dan memiliki penutup yang mengkilat, basah dan berlendir dan berwarna hitam memang rasanya sedikit pahit dan pedas, namun khasiatnya luar biasa.

Kita bisa mengkomsumsinya dengan cara dikeringkan dan digiling.

Nilai Gizi Biji Pepaya

100 gram biji pepaya kering menyediakan sekitar 558 kalori energi. Mereka kaya akan protein, lemak, dan serat.

Biji pepaya juga mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, seng, dan masih banyak lagi.

Biji pepaya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Mereka juga mengandung polifenol dan flavonoid yang merupakan antioksidan kuat .

Biji pepaya mengandung 24-30% protein kasar, menjadikannya bahan pakan protein alternatif potensial untuk unggas.

Biji pepaya telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengobati parasit, seperti cacing usus.

Juga dapat  membantu meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal serta meredakan nyeri haid dan mengatur siklus haid.

Manfaat Kesehatan Biji Pepaya Bagi Kesehatan

1. Antioksidan Kuat

Biji pepaya kaya akan polifenol, flavonoid, alkaloid, tanin, dan saponin. Mereka adalah antioksidan kuat.

Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, melindungi kita dari berbagai penyakit.

2. Usus Sehat

Biji pepaya kaya akan serat. Mereka mengatur pergerakan usus kita, mengeluarkan racun dari tubuh dan dengan demikian menjaga kesehatan usus. Mereka membantu dalam sembelit.

Carpaine hadir dalam biji pepaya membunuh bakteri dan parasit di usus kita dan dengan demikian menjaga kesehatan sistem pencernaan kita.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Biji pepaya kaya akan serat. Mereka menjaga pencernaan kita tetap pada jalurnya, sehingga membantu menghilangkan racun dari tubuh kita.

Mereka juga membantu mengatur metabolisme kita dan mencegah tubuh kita menyerap lemak. Ini membantu dalam mencegah obesitas.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Biji pepaya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Asam lemak ini mengatur kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL).

Biji pepaya juga kaya akan serat. Serat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan demikian, mengkonsumsi biji pepaya membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dalam tubuh kita.

5. Sifat Anti-kanker

Biji pepaya mengandung polifenol yang merupakan antioksidan kuat.

Mereka mencegah tubuh kita dari berbagai jenis kanker.

Biji pepaya juga mengandung isothiocyanate yang menghambat pembentukan dan perkembangan sel kanker.

6. Nefroprotektif

Biji pepaya melindungi ginjal kita dari kerusakan. Konsumsi biji pepaya memastikan kelancaran fungsi ginjal kita

7. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Biji pepaya melindungi hati kita. Biji ini kaya akan berbagai antioksidan yang melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mereka juga membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang melindungi jantung kita dari berbagai gangguan.

8. Mengurangi peradangan

Biji pepaya terbukti efektif mengurangi peradangan

Biji pepaya kaya akan vitamin C dan senyawa seperti alkaloid, flavonoid, dan polifenol. Semua senyawa ini menunjukkan sifat anti-inflamasi.

Mereka dengan demikian berguna dalam mencegah dan mengurangi peradangan pada penyakit seperti asam urat, radang sendi dll.

9. Baik untuk Kulit kita

Biji pepaya menunjukkan sifat anti-penuaan. Mereka menjaga elastisitas kulit kita dan dengan demikian mencegah perkembangan garis-garis halus dan kerutan.

10. Antibakteri

Biji pepaya melindungi tubuh kita dari bakteri seperti Staphylococcus aureus, Shigella dysenteriae, Salmonella typhi, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, dll.

11. Meredakan Nyeri Haid

Pepaya mengandung karoten dan zat ini sangat penting dalam membantu tubuh mengatur produksi hormon yang dikenal sebagai

estrogen.

Sementara biji pepaya dapat membantu menginduksi menstruasi dan juga meningkatkan frekuensinya, mereka juga dapat membantu mengatasi kram menstruasi.

12. Kelola Sirosis Hati

Biji pepaya juga diketahui mengandung nutrisi penting yang diperlukan untuk membantu mengatasi penyakit seperti sirosis hati.

Mengkonsumsi 3 sampai 4 biji pepaya, dihaluskan dan dicampur dengan perasan jeruk nipis setiap hari, dapat membantu dalam pengobatan dan pemulihan sirosis hati.

13. Menyembuhkan Keracunan Makanan

Penelitian telah menunjukkan bahwa menyiapkan dan mengonsumsi ekstrak biji pepaya dapat membantu membunuh bakteri seperti E.coli, Salmonella, Staphylococcus, dll. yang bertanggung jawab atas sebagian besar kasus keracunan makanan.

14. Mendukung Pengobatan Demam Berdarah

Dengue adalah virus yang ditularkan oleh nyamuk, itu mempengaruhi trombosit dalam darah Anda dan mulai menghancurkan trombosit yang sehat juga.

Biji pepaya telah terbukti meningkatkan jumlah trombosit dalam penelitian pada hewan. Oleh karena itu, selain manfaat kesehatan biji pepaya sebelumnya , mereka juga dapat bermanfaat sebagai pendukung pemulihan demam berdarah Anda.

15. Dapat Membantu Mengontrol Ketombe

Ketombe biasanya berasal dari jamur, terutama jamur Malassezia. Buah dan biji pepaya telah terbukti memiliki sifat antijamur yang kuat.

Ini mungkin berguna bila diterapkan pada rambut dan kulit kepala dan mengurangi atau mencegah perkembangan ketombe.

Gunakan paket rambut atau lulur yang mengandung ekstrak biji pepaya untuk mencoba manfaat ini.

Namun, mengkomsumsi biji pepaya yang berlebihan karena memberikan efek samping.