KABARKIBAR.ID – Status Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, yang disandera kelompok kriminal bersenjata atau KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya dikabarkan dalam kondisi baik.

Negosiasi untuk pembebasan pilot dari Selandia Baru itu masih berlangsung.

“Laporan yang dikirimkan kepada kami menunjukkan bahwa pilot  Selandia Baru yang ditangkap KKB dalam keadaan baik,” kata Mayor Jenderal TNI, Izak Pangemanan, selaku Panglima Kodam XVII Cendrawasih, Senin, 3 Juli 2023 di Jayapura, Papua.

Menurut Izak, pihaknya tetap memprioritaskan negosiasi pembebasan Kapten Philip.

KKB Papua Libatkan Keluarga Egianus

Inspektur Jenderal Polisi Mathius Fakhiri, selaku Kepala Kepolisian Daerah Papua, mengatakan beberapa pihak terlibat dalam negosiasi pembebasan pilot Susi Air tersebut.

Seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bahkan, keluarga Egianus Kogoya juga diminta untuk membantu membebaskan Kapten Philip.

“Untuk pembebasan sandera dari KKB dengan selamat, berbagai upaya telah dilakukan. Kami berharap partisipasi berbagai pihak agar dapat membantu dalam pembebasan pilot tersebut,” ujarnya.

Adanya Ancaman Penembakan oleh KKB Papua

Pada saat yang sama, Kombes Pol. Faizal Rahmadani, selaku Kasatgas Damai Cartenz mengatakan, ancaman tembak Kapten Philip tidak datang dari KKB Egianus Kogoya.

Ancaman itu disebut-sebut datang dari KKB pimpinan Jefry Pagawak yang diduga saat ini berdomisili di Papua Nugini.

“Ancaman itu diduga dilakukan oleh kelompok KKB pimpinan Jefry Pagawak yang kini diduga berdomisili di Papua Nugini (PNG),” kata Faizal di Jayapura.

“Kelompok itu hanya mencari sensasi dan apa yang dilakukan kelompok KKB lain dan bukan bagian dari kelompok KKB Egianus Kogoya,” katanya.

Faizal juga memastikan Kapten Philip yang disandera sejak 7 Februari 2023 statusnya dalam keadaan sehat.

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023, tak lama setelah ia mendaratkan pesawatnya di Paro, Kabupaten Nduga, di Papua Pegunungan.

Moeldoko Sebut Selandia Baru Minta Pembebasan Pilot dari KKB Papua Tak Ada Korban

Moeldoko, selaku Kepala Staf Kepresidenan (KSP) mengatakan, pemerintah Selandia Baru telah meminta pilot Susi Air dibebaskan tanpa adanya korban.