Stanley mengatakan, Airbus A400M adalah salah satu pesawat tercanggih dan punya kemampuan yang mumpuni di dunia, dan TNI akan menjadi operator dari pesawat Airbus A400M ke-10 di dunia.

“Versi yang dipesan TNI di Indonesia adalah pesawat tanker multiperan dan pesawat angkut.”

“Dan pesawat ini bisa digunakan untuk mengangkut pasukan, pencarian dan penyelamatan, pengisian bahan bakar pesawat lainnya,” kata Stanley.

Selain itu, tambahnya, pesawat tersebut dapat melakukan operasi taktis.

Pihaknya berhara pesawat jenis tanker ini dapat mendukung Indonesia dalam waktu dekat.

Airbus A400M Bakal Jadi Aset Nasional

Sebelumnya, Prabowo Subianto, selaku Menteri Pertahanan RI menandatangani kontrak pemesanan dua pesawat multirole tanker dan transport (MRTT) Airbus A400M  untuk TNI AU pada tahun 2021.

“Selain kemampuan taktis dan udara ke udara, A400M akan menjadi aset nasional dan berperan penting dalam misi Bantuan Manusia dan Tanggap Bencana,” kata Prabowo di situs Kementerian Pertahanan.

Airbus A400M adalah pesawat multiperan yang mampu meningkatkan kemampuan taktis udara ke udara Angkatan Udara.

Prabowo Subianto mengatakan pesawat itu juga akan memainkan peran penting dalam misi utama lainnya termasuk terjun payung dan mengangkut kargo berat.

“A400M Atlas adalah pesawat angkut tercanggih, teruji, dan bersertifikat yang ada, mengintegrasikan teknologi mutakhir abad ke-21 untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata saat ini dan yang akan datang,” kata Airbus dalam pernyataan di halaman resminya.

Pihak perusahaan mengungkapkan, pesawat ini memiliki jangkauan maksimum 8.900 km dan kecepatan M 0.72, serta luas ruang kargo yang mampu mencapai 340 m3, dan muatan maksimum mencapai 37 ton.