KabarKibar.id – Program Indonesia Pintar atau PIP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah suatu program dana bantuan pendidikan kepada siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat cair.

Siswa penerima program PIP 2023 Kemendikbud akan menerima dana bantuan pendidikan tersebut hingga sampai kelulusan.

Siswa yang telah ditetapkan sebagai penerima PIP diwajibkan untuk segera mengaktifkan akunnya.

Program Indonesia Pintar (PIP) 2023 merupakan bantuan berupa uang, perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah bagi siswa dari keluarga miskin atau rentan untuk membiayai pendidikan.

Berdasarkan akun Instagram Sobat PIP, Jumat, 12 Mei 2023, dijelaskan bahwa siswa kelas 6, 9, atau 12 bisa melihat laman SIPINTAR, di halaman atau website pip.kemdikbud.go.id, untuk mengetahui apakah kamu masuk nominasi PIP 2023.

Aktivasi akun untuk PIP 2023 harus dilakukan paling lambat 30 Juni 2023.

Jika sudah melakukan aktivasi akun, kamu akan mendapatkan saldo awal Rp. 0 dan bisa menunggu penyaluran dana.

Cara Aktivasi Rekening PIP 2023

Jadi, bagaimana sih cara aktivasi PIP 2023? Berikut ini adalah caranya:

  1. Penerima bisa mengunjungi laman web pip.kemdikbud.go.id
  2. Setelah laman tersebut terbuka, peneerima mengklik menu ‘Cari Penerima PIP’ dan masukkan data berupa NISN, dan NIK.
  3. Penerima PIP 2023 yang termasuk dalam seleksi harus segera menghubungi sekolah untuk meminta surat keterangan aktivasi rekening yang dibawa ke bank.
  4. Perlu diingat, ketika pergi ke bank jangan lupa membawa surat keterangan aktivasi rekening dan tanda pengenal (NIK atau Kartu pelajar).
  5. Setelah berhasil melakukan aktivasi, pihak bank akan menyerahkan buku tabungan Simpanan Pelajar dan Kartu Debit yang akan diterima oleh penerima (siswa).

Dana yang DIterima Penerima PIP 2023