KabarKibar.id – Pemprov DKI Jakarta tidak berencana menggelar salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS) seperti tahun lalu. Untuk tahun ini, salat Idul Adha akan dilaksanakan di Masjid Fatahillah Balai kota pada akhir Juni.

“Sepertinya tidak, tahun ini kita tidak pakai JIS, tapi Masjid Fatahillah di Balai kota,” kata Kepala Sub Kelompok Kegiatan Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta, Herman saat diwawancarai pertemuannya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Mei 2023.

Herman menjelaskan pelaksanaan salat Idul Adha akan lebih minimalis dibandingkan salat Idul Fitri April lalu.

Dimana, salat Idul Adha hanya akan dilakukan di dalam masjid dan area sekitarnya. Sedangkan pada Idul Fitri kemarin, salat Id dilaksanakan di halaman balai kota DKI.

“Saat ini karena kurang besar jumlah jemaah Idul Adha rencanya di Masjid Fatahillah seperti tahun-tahun sebelumnya” terangnya.

Salat Idul Adha merupakan rutinitas di setiap tahunnya. Usai salat, Pemprov DKI akan membagikan daging kurban di Masjid Hasyim Asy’ari, Jakarta Barat.

Salah satu daging kurban yang disembelih di sana adalah milik Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Kami membagikan seekor sapi kepada para korban bantuan dari Presiden di Masjid Raya Hasyim Asy’ari Jakarta Barat,” katanya.

Pemilihan lokasi salat ied berbeda dengan tahun lalu. Tahun 2022, di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan, Pemprov DKI menggelar salat ied di Jakarta International Stadium (JIS).

Menurut Herman, pelaksanaan salat Idul Adha akan lebih minimalis dibandingkan salat Idul Fitri April lalu. Dia mengatakan, salat Idul Adha hanya dilakukan di dalam masjid dan sekitarnya, tanpa ke halaman.

Diketahui, Pemprov DKI menggelar salat Idul Adha bersama ribuan jemaah di JIS pada 2022. Saat itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan terima kasih kepada mereka yang memilih melaksanakan salat Idul Adha di JIS.